Contoh RPP SD KELAS IV MATEMATIKA
Contoh RPP SD KELAS IV MATEMATIKA
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk SDN mata pelajaran matematika untuk kelas IV semester II. Ini sebagai contoh formatnya saja. Untuk keperluan bisa diedit dan oleh data. Di bawah ini contoh RPP nya:-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
PRA SIKLUS
Sekolah : SDN PAREN 2
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : IV/ lI
Tanggal pelaksanaan : 2 April2014
Alokasi Waktu : 1 X 35 Menit
I. Standar Kompetensi
6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
II. Kompetensi Dasar
6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutannya
III. Indikator
§ Mengenal arti pecahan sebagai sesuatu yang tidak utuh
§ Menyatakan pecahan secara visual
IV. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat mengenal arti pecahan dengan benar
§ Siswa dapat mendeskripsikan pecahan dengan benar
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
V. Materi Pokok/Ajar
Pecahan dan urutannya
VI. Alokasi Waktu
1 X 35 menit
VII. Strategi Pembelajaran
- Paikem
VIII. Pendekatan dan Metode Pembalajaran
- Ekspositori (ceramah dan tanya jawab)
- Demonstrasi
- Penugasan
IX. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal ( 5 Menit ) | Karakter siswa yang diharapkan |
Pra Kegiatan: v Memberi Salam v Merapikan siswa, berdo’a, dan absensi Apersepsi: v Motivasi v Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan | Religius Religius dan Toleransi Percaya diri, tanggung jawab dan keberanian |
Kegiatan Inti ( 20 Menit ) | Karakter siswa yang diharapkan |
Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: v Menjelaskan arti pecahan sebagai sesuatu yang tidak utuh v Guru bercerita tentang bacaan dalam buku v Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi: Semua siswa diminta untuk mendeskripsikan pecahan dan urutannya berdasarkan penjelasan yang didengar. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: v Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. | Kretif, Gemar membaca, Ketelitian Kreatif Inovatif Disiplin, Keberanian, Tanggung Jawab Kreatif |
Kegiatan Akhir ( 10 Menit ) | Karakter siswa yang diharapkan |
v Guru mengajukan pertanyaan tentang arti pecahan dan urutannya v Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, kemudian guru menjawabnya v Siswa mengerjakan tugas – tugas yang diberikan guru v Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa v Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan v Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya v Pekerjaan Rumah | Kreatif Teliti, Tekun, Tanggung jawab, Keberanian |
X. Alat dan Sumber Belajar
a. Buku paket matematika kelas IV (Yudistira)
b. Buku Fokus matematika kelas IV
c. Alat Peraga
XI. Penilaian ( Terlampir )
Prosedur Penilaian / Evaluasi
1. Tes Proses:
Pengamatan ( dilakukan saat kegiatan pembelajaran berlangsung )
Meliputi : Keaktifam siswa selama proses pembelajaran
Jenis : Perbuatan
Bentuk : Pengamatan
Alat : Lembar observasi
2. Tes Hasil
Jenis : Tes tertulis
Bentuk : Subjektif
Alat : Soal, Lembar jawaban, Kunci jawaban, Penskoran
X1I. Lampiran
1. Ringkasan Materi
2. Alat / Media Pembelajaran
3. Lembar Evaluasi
4. Kunci jawaban
5. Lembar Observasi
6. Lembar Penilaian
Ngawi, 2 April 2014
Mengetahui
Supervisor 2 Mahasiswa
S E LYLANA, S.Pd HARYONO
NIP:123690629 199202 2 002 NIM:819 000 396
Kepala SDN Paren 2
Kecamatan Paren
BURHAN DINA ALANA, S.Pd SD
NIP:196056808 197907 1 003
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Semoga contoh rpp ini bisa membantu anda dalam mengerjakan tugas dari sekolah. Bisa baca juga contoh rrp yang lain.
0 komentar :